AKSIOMA
Vol 10, No 2 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Kemampuan pemecahan masalah siswa menyelesaikan soal materi garis singgung lingkaran

Revi Kristianingsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal materi garis singgung lingkaran berdasarkan teori John Dewey. Dari analisis hasil pekerjaan subjek menunjukkan bahwa subjek pertama berinisial SE hanya mampu melalui tiga tahapan yaitu pengenalan, pendefinisian dan perumusan, namun belum mampu melewati tahap mencobakan dan evaluasi. Sedangkan subjek kedua dan ketiga dengan inisial SA dan SN mampu melalui seluruh tahapan pemecahan masalah John Dewey mulai dari pengenalan, pendefinisian, perumusan, mencobakan dan evaluasi. Bedasarkan penelitian ini didapatkan hasil bahwa siswa diatas nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) bisa saja memiliki kemampuan yang berbeda dalam memecahan suatu soal masalah matematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...