AKSIOMA
Vol 10, No 2 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Penerapan metode pembelajaran problem Based Learning dengan menggunakan pendekatan saintifik kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika SMP dan MTs di Kabupaten Malang

Tyas Husadaningsih (Universitas Islam Raden Rahmat Malang)
Pangestuti Prima Darajats (Universitas Islam Raden Rahmat Malang)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah guru dalam menerapkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Subjek dalam penelitian yaitu guru kelas VII dan VIII dalam 4 SMP/MTs. Sumber data diperoleh dari wawancara, observasi, catatan lapangan, angket dan dokumentasi. Analisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Model pembelajaran problem based learning menggunakan tahap-tahap yaitu tahap awal dengan penyampaian apersepsi, motivasi dan tujuan pembelajaran. Tahap inti yaitu (1) Orientasi,  (2) Mengorganisasikan, (3) Membimbing, (4) Presentasi, (5) Analisis dan Evalusi. Analisis observasi guru dan siswa kelas VII SMP Terpadu Turen yaitu aktivitas guru sebesar  dan siswa sebesar  observasi guru dan siswa kelas VIII yaitu aktivitas guru  dan siswa sebesar  Analisis observasi guru dan siswa kelas VII SMPI Sultan Agung yaitu aktivitas guru sebesar  dan siswa sebesar  observasi guru dan siswa kelas VIII yaitu aktivitas guru  dan siswa sebesar  Analisis observasi guru dan siswa kelas VII MTs Babussalam Banjarejo Pagelaran yaitu aktivitas guru sebesar  dan siswa sebesar  observasi guru dan siswa kelas VIII yaitu aktivitas guru  dan siswa sebesar  Analisis observasi guru dan siswa kelas VII MTs TMI Pujon yaitu aktivitas guru sebesar  dan siswa sebesar  observasi guru dan siswa kelas VIII yaitu aktivitas guru  dan siswa sebesar Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat mempermudah guru dalam menerapkan kurikulum 2013.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...