Salah satu kebutuhan yang sangat penting saat ini dalam mendukung kinerja suatu perusahaan atau institusi adalah Teknologi Informasi (TI), karena dengan kemajuan dari teknologi informasi dapat membantu dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas suatu proses bisnis perusahaan tersebut. TI tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi. Indonesia saat ini tengah memasuki revolusi industri 4.0, semua kebutuhan dasar berkaitan erat dengan kemajuan teknologi. Dalam perkembangannya evaluasi kualitas teknologi diperlukan agar tercapai kualitas yang layak bagi pengguna teknologi. Untuk itu diperlukan berbagai atribut pengukuran. Usability dapat digunakan dalam analisis kualitatif kemudahan user menggunakan user interface suatu software termasuk website. Usability suatu software dapat ditentukan berdasarkan efektivitas, efisiensi, dan pemenuhan kebutuhan atau kepuasan user. Salah satu model yang dapat mendukung pengukuran usability adalah model Nielsen. Usability suatu software dapat juga didukung oleh penilaian user interface experts dengan metode yang disebut Heuristic Evaluation. Sistem Informasi Portal Satuan Pengawas Internal (SILPI) sebagai suatu web service dalam pengolahan data temuan Satuan Pengawas Internal perusahaan asuransi nasional perlu dilakukan pengukuran kualitas terhadap web service tersebut. Kata Kunci : Heuristic Evaluation, SILPI, SPI, Usability
Copyrights © 2020