Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran praktikum akuntansi sebagai strategi meningkatkan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang Akuntansi Keuangan. Penelitian ini akan menjawab masalah bagaimana model pembelajaran praktikum akuntansi yang sesuai di program studi akuntansi.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa: 1) Observasi; 2) Catatan Lapangan; 3) Dokumentasi. Instrumen penelitian berupa: 1) Lembar Observasi Aktivitas Belajar Akuntansi; 2) Catatan Lapangan; 3) Dokumentasi. Adapun perangkat pembelajaran yang digunakan adalah RPS(Rencana Pembelajaran Semester). Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif dengan persentase. Analisis ini dilakukan dengan cara mengolah skor Aktivitas Pembelajaran Akuntansi, menghitung persentase rata-rata Aktivitas Pembelajaran Akuntansi, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Indikator keberhasilan yaitu Model Problem Based Learningdengan berbasis Praktikum mencapai nilai di atas 80% untuk setiap indikator Aktivitas Pembelajaran mahasiswa.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi pada Universitas Pattimura. Sedangkan sampel yang diambil adalah 100 mahasiswa jurusan akuntansi yang akan mengambil mata kuliah akuntansi keuangan. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa implementasi Model Problem Based Learning dapatmeningkatkanAktivitasBelajarAkuntansi.Haltersebutdidukung olehdatapenelitian yangmenunjukkanadanyapeningkatanpada delapan indikatoryang diamati. Secara umum, AktivitasBelajarAkuntansi juga mengalami peningkatanpadasiklusIdan siklusII. Penelitianyangakandatangpenelitidiharapkanlebihtelitidalam melakukanpengamatan sehinggadapatdiperolehdatayangbenar-benar mewakili kondisiAktivitasBelajarAkuntansi.
Copyrights © 2019