Jurnal Sport Science
Vol 9, No 2 (2019): December

MOTIVASI KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA FITNESS CENTER DI ATLAS KOTA MALANG

Widhi Hamim P (Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang)
Olivia Andiana (Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Aktivitas olahraga di masyarakat cenderung semakin meningkat seiring kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang demikian canggih. Latihan kebugaran atau fitness merupakan proses sistematis menggunakan  rangsang  gerak  dan  bertujuan  meningkatkan  atau mempertahankan kualitas fungsional tubuh, yang meliputi kualitas daya tahan paru jantung, kekuatan atau daya tahan otot, kelentukan, dan komposisi tubuh. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian penelitian survey. Hasil penelitian (motivasi konsumen dalam menggunakan jasa Atlas Fitness Center di kota Malang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Motivasi konsumen tersebut meliputi kebutuhan fisiologis, kebutuhan keamanan, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri. Dengan Interval yang paling tinggi adalah antara 4,21-5,00, dan hasil penelitian diperoleh hasil rata-rata untuk motivasi berdasarkan kebutuhan fisiologis, kebutuhan sosial, dan kebutuhan aktualisasi diri termasuk dalam kategori sangat tinggi sedangkan untuk motivasi berdasarkan kebutuhan keamanan dan kebutuhan penghargaan termasuk dalam kategori tinggi.  Kesimpulan: motivasi paling tinggi yang mendorong konsumen memilih Atlas fitness center adalah motivasi untuk memenuhi kebutuhan fisiologis.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sport-science

Publisher

Subject

Description

Jurnal Sport Science diterbitkan oleh jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang, setiap dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Juni dan Desember. ...