Perkembangan teknologi tidak hanya masuk kedalam dunia permainan (games) digital tetapi merambah keseluruh sektor, baik sektor industri maupun sektor dunia usaha, salah satunya adalah bisnis rumahan maupun bisnis perseorangan. Terkadang, ada suatu event atau kegiatan yang melibatkan beberapa UMKM. Dalam kegiatan tersebut, beberapa UMKM berperan aktif untuk mempromosikan barang karya mereka. Biasanya disediakan sebuah sistem kasir yang berfungsi sebagai tempat pembayaran untuk semua transaksi di setiap UMKM. Sistem kasir pada event UMKM ini umumnya masih sangat sederhana. Hanya dicatat pada sebuah nota. Penghitungan hasil transaksi hanya mengandalkan sebuah kalkulator tanpa dukungan sebuah komputer ataupun laptop. Penghitungan transaksi masih memiliki kelemahan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode pengumpulan data dan metode pengembangan perangkat lunak. Penulis melakukan observasi ke event UMKM, kemudian melakukan tanya jawab untuk memperoleh informasi kepada panitia setempat. Terakhir, penulis melakukan studi pustaka dengan melihat literatur-literatur yang ada, baik dari buku, karya ilmiah, ataupun internet. Untuk metode pengembangan perangkat lunak, penulis menggunakan waterfall, dimulai dengan perencanan yang matang, dilanjutkan dengan proses analisa yang cukup panjang, kemudian merancang sistem yang akan dibuat kemudian diimplementasikan. Sistem ini bisa diterapkan pada event UMKM. Aplikasi ini akan sangat mempermudah dalam pengelolaan transaksi untuk masing-masing UMKM
Copyrights © 2020