Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penanaman nilai - nilai karakter terintegrasi self-confidence di dalam dan luar kelas serta dampaknya terhadap siswa kelas IV SDIT Mutiara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tahapan metode penelitian ini adalah melakukan pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, analisis dokumen dan pengolahan data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa rubrik penilaian, pedoman wawancara guru, angket guru dan siswa. Adapun hasil penelitian pada penanaman nilai-nilai karakter terintegrasi self confidence mata pelajaran bahasa inggris di dalam kelas telah berhasil diterapkan. Sedangkan di luar kelas nilai karakter religius paling menonjol. Hambatannya adalah tidak tersedia buku bahasa Inggris dan format penilaian nilai-nilai karakter, lingkungan keluarga siswa yang kurang peduli terhadap nilai-nilai karakter yang sudah diterapkan di Sekolah serta siswa memperoleh nilai rata ? rata yang berbeda tapi cenderung cukup baik.
Copyrights © 2019