Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 2, No 4 (2019)

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining (SFaE) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP di Pekanbaru

Indah Dwi Permata (UIN SUSKA RIAU)
Lies Andriani (Pendidikan Matematika FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau)
Granita Granita (Pendidikan Matematika FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanyamasalah rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 42 Pekanbaru, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining (SFaE) dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki Self efficacy tinggi, sedang, rendah, serta untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Faktorial Eksperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 42 Pekanbaru. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknikClaster Random Sampling, terpilih kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi., tes dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan siswa dalam pembelajaran, soal posttest kemampuan komunikasi, dan lembar angketself efficacy. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji ANOVA dua arah (two way ANOVA). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran SFAEdengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi siswa antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang, rendah. 3) Tidak terdapat interaksi model pembelajaran danself efficacy siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Sehingga dapat dikatakan model pembelajaran SFaE berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...