Jurnal MoZaiK
Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Mozaik

GAYA KEPEMIMPINAN LURAH DALAM KEPEMILIKAN KARTU SEHAT

Toddy Aditya (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini membahas mengenai gaya pemimpin dalam membantu warga masyarakat untuk memiliki kartu sehat (BPJS) serta evaluasi (penilaian) hasil kinerja dari pegawai yang bekerja pada institusi pemerintah. Pada dasarnya institusi pemerintah memiliki tujuan yaitu untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, yang dalam hal ini menekankan pada penilaian kinerja pegawai dalam memberikan layanan administrasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil kinerja pelayanan yang diberikan pegawai pemerintah kepada masyarakat dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat yang timbul dalam pelaksanaan layanan administrasi. Dalam hal ini penulis menggunakan pendekatan analisis kualitatif dan menggunakan tipe penelitian deskriptif (gambaran). Penelitian ini juga diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan diperkuat dengan dokumentasi. Serta dengan dilakukannya analisis data secara terstruktur dan sistematis, sesuai dengan fokus permasalahan dengan menggunakan teori pengukuran kinerja. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah masih adanya pegawai kelurahan yang kinerjanya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya pelayanan administrasi masih kurang maksimal. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kinerja pegawai Kelurahan Kenanga pasca pemekaran kelurahan sudah cukup baik. Adapun saran yang dapat diberikan penulis terhadap pegawai Kelurahan Kenanga adalah agar kiranya dapat bekerja dengan semaksimal mungkin walaupun dengan sarana prasarana yang pada umumnya masih kurang lengkap. Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Kinerja, Pelayanan. ABSTRACT This research discusses the style of leaders in helping citizens to have a healthy card (BPJS) as well as evaluation (assessment) performance results from employees working in government institutions. Basically, government institutions have a purpose that is to provide excellent service to the community, which in this case emphasizes the assessment of employee performance in providing administrative services. The purpose of this study is to determine the results of service performance provided by government employees to the public and to determine the inhibiting factors that arise in the implementation of administrative services. In this case the authors use a qualitative analytical approach and use the type of descriptive research (descripton). This study also obtained from interviews, observations, and reinforced by documentation. And with the analysis of data in a structured and systematic, in accordance with the focus of the problem by using performance measurement theory. The results obtained in this study is still the existence of kelurahan employees whose performance in providing services to the public especially administrative services is still less than the maximum. The conclusion of this research is the performance of employees of Kenanga Village after the pemekaran kelurahan is good enough. As for suggestions that can be given authors to employees Kenanga Village is to be able to work with as much as possible although with infrastructure facilities that are generally still not complete. Keywords: Leadership Style, Performance, Service.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mozaik

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal "MOZAIK" diterbitkan oleh masyarakat akademisi dilingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) YUPPENTEK Tangerang sebagai jurnal ilmiah untuk menyajikan tulisan-tulisan (baik berupa opini maupun hasil penelitian) permasalahan lokal, regional, nasional, dan internasional. ...