Al-I'tibar : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Islam Al I'tibar

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Individual Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMK Nurul Huda Buay Madang Oku Timur

Mukhamad Fathoni (STKIP Nurul Huda)
Marlina Marlina (STKIP Nurul Huda)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2018

Abstract

Selama proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMK Nurul Huda Buay Madang OKU Timur,sebagian siswa masih terlihat mengalami kesulitan dalam menyelesaikan berbagai tugas yang diberikan oleh guru, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran. Oleh karena itu, harus dilakukan langkah-langkah strategis agar siswa dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran. Langkah tersebut dapat dilakukan melalui pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi yang diajarkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran individual. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran individual terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X SMK Nurul Huda Buay Madang OKU Timur. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen komparasional menggunakan desain quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Nurul Huda Buay Madang OKU TImur yang berjumlah 80 siswa terbagi dalam 3 rombongan belajar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X/Multimediaberjumlah 30 orang dan siswa kelas X/Administrasi Perkantoran berjumlah 27 orang.Teknik pengumpulan data menggunakan tessedangkan uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t. Simpulan hasil penelitian adalah hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran individual di kelas X/Multimedia SMK Nurul Huda Buay Madang OKU Timur adalah sedang dengan nilai rata-rata sebesar 78,57. Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran klasikal di kelas X/Administrasi Perkantoran adalah sedang dengan nilai rata-ratanya 68,15. Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran individual terhadal hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas XSMK Nurul Huda Buay MadangOKU Timur dengan nilai thitung7,89 sedangkan ttabel 2,00. Karena thitung7,89 lebih besar dari harga ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5% maka H0 ditolak sedangkan Ha diterima

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPIA

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Islam Al-I'tibar terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan Agustus, artikel hasil penelitian dan artikel konseptual tentang Pendidikan Agama Islam. ...