EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya
Vol 8, No 1 (2020)

Dampak Manajemen Kas Terhadap Kinerja Start-Up (Studi Empiris Start-Up HIPMI PT Kota Semarang)

Ita Nuryana, Margunani, Kardiyem, Kemal Budi Mulyono (Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2020

Abstract

Pada era digital 4.0 saat ini, perkembangan teknologi informasi meningkatkan aktivitas usaha baik secara lokal maupun internasional. Hal ini ditandai dengan munculnya beberapa perusahaan yang baru berkembang dan menawarkan produk atau jasa yang belum pernah ditawarkan kepada pasar, yang dikenal dengan istilah startup. Pertumbuhan jumlah startup di Indonesia terjadi secara signifikan. Akan tetapi perkembangan startup lokal di Indonesia dalam awal tahap pengembangannya masih belum bersifat konsisten sehingga sebagian besar startup lokal mengalami kegagalan dan sebagian lainnya melakukan perubahan besar terhadap model bisnis yang telah dikembangkan. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak manajemen kas terhadap kinerja start-up Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota HIPMI PT yang ada di Kota Semarang yang berjumlah 198. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh manajemen kas terhadap kinerja start-up. Simpulan dalam penlitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja start-up para pelaku start-up perlu meningkatkan manajemen kas dengan baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning has P-ISSN: 2303-1565 & E-ISSN: 2502-1575 which is published twice a year, in January and July. Focus and scope on EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning:Economic Learning Media, Planning Economic Learning, Learning and ...