Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 3, No 2 (2019)

Pengaruh Kualitas Pelaksanaan Gerakan Literasi dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Berbicara Siswa SD Negeri Segugus Taman, Kota Madiun

Ririn Nuryanti (SDN 02 Taman, Kota Madiun)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan pengaruh  kualitas pelaksanaan Literasi Sekolah  terhadap  hasil belajar  berbicara siswa SD Negeri segugus Taman kota Madiun; (2) menemukan pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar berbicara  siswa SD Negeri segugus Taman kota Madiun. (3) menemukan interaksi antara kualitas pelaksanaan literasi dan minat membaca terhadap hasil belajar berbicara  siswa SD Negeri segugus Taman  kota Madiun.Metode Penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment dengan desain penelitian factorial 2 X 2. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk gerakan literasi sekolah dan minat baca, serta hasil belajar berbicara .Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.Teknik  analisis data menggunakan Anava dua jalan dengan program SPSS versi 13. Dari analisis Inferensial diperoleh simpulan: (1) Ada pengaruh kualitas pelaksanaan gerakan literasi sekolah terhadap hasil belajar berbicara siswa SD secara signifikan antara kelompok kualitas pelaksanaan gerakan literasi tinggi dengan kualitas pelaksanaan gerakan literasi rendah. (2) Ada pengaruh minat baca terhadap prestasi berbicara siswa SD secara signifikan antara kelompok minat baca tinggi dengan minat baca rendah. (3) Ada interaksi antara kualitas pelaksanaan literasi dan minat baca terhadap prestasi belajar berbicara  siswa SD secara signifikan ditinjau  dari antara pelaksanaan gerakan literasi dengan minat baca.

Copyrights © 2019