Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus
Vol 3 No 2 (2019): November 2019

Pengaruh Pemanfaatan Jurnal Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Anatomi Fisiologi Genetika dan Neurologi Mahasiswa Semester 1 Jurusan PLB FIP Universitas Negeri Padang

Budi, Setia (Unknown)
Nurhastuti, Nurhastuti (Unknown)
Utami, Iga Setia (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2019

Abstract

Jurnal merupakan salah satu sumber belajar yang menjadi referensi wajib bagi mahasiswa ditingkat perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan jurnal terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah anatomi fisiologi genetika dan neurologi pada mahasiswa semester 1 jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini pre-eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah Mahasiswa Semester 1 Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang Tahun Akademik 2019/2020 sebanyak 104 orang yang mengikuti mata kuliah Anatomi Fisiologi Genetika dan Neurologi. Hasil uji kolmogorov-smirnov menunjukkan data berdistribusi normal 0,255 (>0,05) sehingga uji bivariat yang digunakan yaitu Paired T Test. Hasil Paired T Test diperoleh nilai rata-rata pretest, yaitu 68,83 sedangkan pada posttest, terjadi peningkatan rerata hasil belajar 92,84. Selanjutnya, diperoleh hasil p value = 0,000 (p value = <0,05); hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan jurnal dalam belajar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. Melalui pengoptimalan pemanfaatan jurnal dalam kegiatan pembelajaran, hal itu sangat signifikan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpkk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus merupakan jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP sebagai sarana publikasi ilmiah di bidang Pendidikan Kebutuhan Khusus. Jurnal akan terbit dua kali dalam satu tahun (bulan April dan November). Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus ...