Jurnal merupakan salah satu sumber belajar yang menjadi referensi wajib bagi mahasiswa ditingkat perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan jurnal terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah anatomi fisiologi genetika dan neurologi pada mahasiswa semester 1 jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini pre-eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah Mahasiswa Semester 1 Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang Tahun Akademik 2019/2020 sebanyak 104 orang yang mengikuti mata kuliah Anatomi Fisiologi Genetika dan Neurologi. Hasil uji kolmogorov-smirnov menunjukkan data berdistribusi normal 0,255 (>0,05) sehingga uji bivariat yang digunakan yaitu Paired T Test. Hasil Paired T Test diperoleh nilai rata-rata pretest, yaitu 68,83 sedangkan pada posttest, terjadi peningkatan rerata hasil belajar 92,84. Selanjutnya, diperoleh hasil p value = 0,000 (p value = <0,05); hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan jurnal dalam belajar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. Melalui pengoptimalan pemanfaatan jurnal dalam kegiatan pembelajaran, hal itu sangat signifikan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Copyrights © 2019