Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Teknologi Pendidikan

HUBUNGAN ANTARA SUBJECTIVE WELL-BEING DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NURAIDA ISLAMIC BOARDING SCHOOL (NIBS) BOGOR

Zakiyah Zakiyah (Magister Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji teori hubungan antara Kecerdasan Intelektual dan subjective well-being siswa terhadap hasil  belajar  Biologi siswa kelas X SMA Nuraida Islamic Boarding School Kota Bogor. Masalah dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana kondisi subjective well-being siswa siswa kelas X  SMA Nuraida Islamic Boarding School Kota Bogor, (2) hubungan antara subjective well- being siswa dengan hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA Nuraida Islamic Boarding School Kota Bogor.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan analisis korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMA Nuraida Islamic Boarding School Kota Bogor dengan jumlah sampel  sebanyak  46  orang,  yang  diambil  dengan  cara purposive sample. Analisis data yang digunakan  adalah  analisis  regresi  sederhana dan berganda.Penelitian membuktikan bahwa : (1) Kondisi Subjective well-being siswa di SMA Nuraida Islamic Boarding School dalam kategori baik atau tinggi denga rata-rata skor komponen kepuasan hidup sebesar 3,98, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara subjective well-being siswa dengan hasil belajar biologi siswa ditunjukan dengan hasil korelasi sebesar 0,490 dan koefisien determinasi sebesar 24,00%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

TEK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang ...