Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji teori hubungan antara Kecerdasan Intelektual dan subjective well-being siswa terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA Nuraida Islamic Boarding School Kota Bogor. Masalah dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana kondisi subjective well-being siswa siswa kelas X SMA Nuraida Islamic Boarding School Kota Bogor, (2) hubungan antara subjective well- being siswa dengan hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA Nuraida Islamic Boarding School Kota Bogor.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan analisis korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMA Nuraida Islamic Boarding School Kota Bogor dengan jumlah sampel sebanyak 46 orang, yang diambil dengan cara purposive sample. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan berganda.Penelitian membuktikan bahwa : (1) Kondisi Subjective well-being siswa di SMA Nuraida Islamic Boarding School dalam kategori baik atau tinggi denga rata-rata skor komponen kepuasan hidup sebesar 3,98, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara subjective well-being siswa dengan hasil belajar biologi siswa ditunjukan dengan hasil korelasi sebesar 0,490 dan koefisien determinasi sebesar 24,00%.
Copyrights © 2020