Tujuan penelitian 1) Perencanaan pembelajaran sains dalam mengembangkan  kemampuan matematika Anak Usia 4-5 Tahun, 2) Penerapan pembelajaran sains dalam mengembangkan kemampuan matematika Anak Usia 4-5 Tahun, 3) Evaluasi pembelajaran sains dalam mengembangkan kemampuan matematika Anak Usia 4-5 Tahun.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini 1) perencanaan pembelajaran sains dalam mengembangkan kemampuan matematika anak, perencanaannya adalah: guru menyiapkan RKH, LKS, materi yang akan disampaikan, media, lembar penilaian anak dan setting kelas. 2) Pelaksanaan pembelajaran, kegiatan awal guru dan anak melakukan kegiatan senam pagi, kegiatan inti pertama-tama anak diminta untuk mengerjakan kegiatan matematika yang berhubungan dengan sains seperti pengelompokkan warna dari balok warna dari kayu, mengurutkan daun yang berukuran kecil ke besar dan lain-lain, 3) Evaluasi penerapan pembelajaran sains dalam mengembangkan kemampuan matematika anak, yaitu dengan metode tanya jawab dan metode menceritakan kembali atas materi yang telah dipelajari. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sains secara nyata, dapat meningkatkan kemampuan matematika anak.Kata Kunci: Pembelajaran Sains, Motivasi Belajar Matematika pada Anak
Copyrights © 2016