Analisis: Jurnal Studi Keislaman
Vol 13, No 1 (2013)

RELEVANSI PEMIKIRAN ULAMA BUGIS DAN NILAI BUDAYA BUGIS (Kajian tentang ‘iddah dalam Tafsir Berbahasa Bugis Karya MUI Sulsel)

Yusuf, Muhammad ( Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Furqan Makassar)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2014

Abstract

Artikel ini mengulas tentang pandangan-pandangan para ulama Bugis berdasarkan al-Qur’an ketika mengelaborasi ayat-ayat al-Qur’an mengenai ‘iddah di dalam Tafesere Akorang Mabbasa Ogi karya MUI Sulsel dan relevansinya dengan nilai-nilai kearifan lokal dan budaya Bugis. Berdasarkan hasil elaborasi, koherensi antara pandangan para ulama Bugis dan nilai-nilai kearifan lokal serta nilai-nilai budaya Bugis ternyata sangat relevan dan terkait. Orang-orang Bugis memiliki prinsip dan filosofi kehidupan yang sangat terkait dengan ajaran Islam. Mereka dapat berdiri di atas nilai-nilai budaya lokal tersebut bukan hanya karena mereka memahami ajaran Islam dengan baik, tetapi juga karena mereka konsisten (berpegang) pada filosofi kehidupan mereka. ‘Iddah mengatur ketentuan dengan istilah “sala>sah quru>’” yang tidak begitu sulit untuk dilaksanakan oleh para wanita Bugis yang bercerai (karena ditalak atau karena kematian suaminya). Wanita-wanita Bugis mampu untuk mencegah dirinya sendiri untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak pantas (ih}da>d) termasuk tidak menikah (untuk sementara selama masa ‘iddah). Mereka tidak mengalami masalah dan kesulitan selama masa (‘iddah dan ihdad) tersebut serta mampu memelihara dirinya, sebab mereka berpegang pada prinsip dan nilai-nilai siri’, lempu’, asitinajang, dan paccing. Prinsip-prinsip inilah yang menjadi nilai-nilai kesucian dan kehormatan mereka.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

analisis

Publisher

Subject

Education

Description

ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh IAIN Raden Intan Lampung dengan nomor ISSN: 2088-9046. ANALISIS terbit 2 (dua) kali dalam setahun (Juli dan Desember), dengan mengangkat tema tertentu per nomornya sesuai dengan pembidangan studi Islam secara luas. Dalam hal ...