Medikora: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga
Vol. VI No. 2 Oktober 2010

PEMASARAN OLAHRAGA MELALUI BERBAGAI EVENT OLAHRAGA

Yustinus Sukarmin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2015

Abstract

Pada era globalisasi ini muncul terminologi sportainment yang memberikan  peneguhan bahwa olahraga bukan lagi sekadar sebuah tontonan melainkan  sebuah  industri hiburan dan bisnis pertunjukkan yang mampu menghadirkan  ribuan  penonton dan jutaan pemirsa. Kini, ada tiga event olahraga yang  menjadi ikon global,  yaitu pertandingan sepak bola Piala Dunia, lomba balap  mobil Formula 1, dan pertandingan olahraga multievent Olimpiade.Olahraga jika dikelola secara profesional dapat mendatangkan keuntungan  ekonomi di samping keuntungan nonekonomi. Olimpiade Los Angeles 1984  merupakan Olimpiade Modern pertama yang menerapkan pendekatan logika  ekonomi  melalui sport business dengan melibatkan banyak sponsor.  Keuntungan yang berhasil  dikumpulkan dari kegiatan multievent empat  tahunan itu sebesar US $223 juta.Keberhasilan suatu negara menyelenggarakan event olahraga ini tidak terlepas  dari peran pemasaran. Untuk memasarkan sebuah event  olahraga diperlukan  strategi  khusus yang dikenal dengan bauran pemasaran, yaitu kiat kelompok  pemasaran  yang digunakan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam  pasar sasaran. Media  massa punya peran penting dalam menumbuhkan brand  image tentang sebuah produk  tertentu kepada konsumen melalui tayangan  event olahraga.Kata Kunci: pemasaran olahraga, event olahraga

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

medikora

Publisher

Subject

Education Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health Other

Description

MEDIKORA is a sports health scientific journal published by the Sports Science Study Program of the Faculty of Sport Science, Universitas Negeri Yogyakarta which contains the results of critical analysis studies and research in the field of sports health. The Journal is published twice a year (April ...