Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan
Vol 5, No 1 (2017): Januari

Analisis Keterlaksanaan Kompetensi Pedagogi Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Drama Kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Batu

Zahro, Luthfi Oktaria (Unknown)
Budiyanto, Mochammad Agus Krisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2020

Abstract

Abstract: This study aims to analyze the delay in teacher pedagogical competence in the application of drama learning in class VIII of SMP Muhammadiyah 8 Batu and understand what supports it. This research was conducted by discussing descriptive qualitative. Data were obtained from Muhammadiyah 8 Middle School teachers through interviews, documentation, and participant observation. The research procedures carried out include research preparation, implementation, and conclusion. Data analysis techniques in this study use the stages that describe Miles and Huberman namely data reduction, data presentation, and completing conclusions. Technical Triangulation in this study using Technical Triangulation. The results of this study prove that the competence of teachers in the implementation of drama learning class VIII SMP Muhammadiyah 8 Batu has not been fully implemented. Of the 10 indicators in pedagogical competency based on Minister of National Education Regulation Number 16 the Year 2007, only 7 indicators have been implemented and 3 indicators have not been implemented.Keywords: Teacher, Pedagogical Competence, Learning Drama Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan kompetensi pedagogi guru dalam penerapan pembelajaran drama kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Batu dan mengetahui kendala apa saja yang dihadapi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari guru SMP Muhammadiyah 8 Batu melalui teknik wawancara, dokumentasi, dan hasil observasi partisipan. Prosedur penelitian yang dilakukan meliputi persiapan penelitian, pelaksanaan dan pengambilan kesimpulan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan tahapan yang diuraikan Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik triangulasi pada penelitian ini meggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogi guru dalam penerapan pembelajaran drama kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Batu belum terlaksana sepenuhnya. Dari 10 indikator dalam kompetensi pedagogi berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007, hanya 7 indikator yang sudah terlaksana dan 3 indikator yang belum terlaksana.Kata kunci: Guru, Kompetensi Pedagogi, Pembelajaran Drama

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jkpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, adalah jurnal open access. Diterbitkan oleh Magister Pedagogi yang sebelumnya bernama Magister Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang. Terbit dua kali dalam satu volume, pada bulan April dan Oktober. Berisi tulisan ilmiah ...