SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya
Vol 12, No 2 (2017)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN DIRI (SELF EFFIKASI) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH BELAJEN KABUPATEN ENREKANG

Budaya Budaya (SMA Muhammadiyah Belajen Kabupaten Enrekang)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2019

Abstract

Mutu pendidikan suatu bangsa merupakan konsekuensi langsung dari suatu perubahan dan perkembangan berbagai aspek kehidupan. Tuntutan terhadap mutu pendidikan menjadi syarat terpenting oleh suatu bangsa untuk dapat menjawab tantangan perubahan dan perkembangan.Pendidikan merupakan salah satu proses yang mengantarkan peserta didik untuk mencapai suatu keberhasilan dalam pembelajaran yang bermakna dalam menghadapi tantangan hidup. Disamping itu juga pendidikan merupakan usaha manusia dalam mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran.Salah satu model pembelajaran yangn sesuai dan tepat untuk meningkatkan kemampuan diri (Self-Efficacy) siswa dalam pembelajaran PKn adalah dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script, yang mana model tersebut dapat memberikan ruang atau kesempatan lebih besar kepada siswa untuk dapat mengaktualisasikan dirinya saat mereka berperan sebagai pendengar dan saat mereka berperan sebagai pembicara. Disamping itu pula model Cooperative Script dapat melatih pendewasaan diri untuk meningkatkan self-efficacy siswa khususnya ketika siswa mengobservasi keberhasilan teman peernya yang sebenarnya mempunyai kemampuan yang sama dengan dirinya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

supremasi

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

egal Studies: Criminal law, civil law, constitutional law, human law, customary law, Islamic law, government and regional autonomy. Pancasila and Civic Education: Studies of the state foundation and ideology, democracy, conflict resolution, nationalism, Pancasila and civic education, national ...