Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV

DINAMIKA HUKUM ISLAM SUATU PENDEKATAN HISTORIS

Marzuki Marzuki (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2016

Abstract

Di kalangsn para orientalis, Islamisis, dan para juris Muslimtradisionalis terdapat suatu pendapat yang mengatakan bahwa hukumIslam itu bersifat statis, kaku, dan tidak dapat berkembang seiringdengan perubahan situasi dan kondisi yang serba dinamis.Pendapat seperti itu ternyata tidaklah benar. Ini bisa dilihat darikeberadaan hukum Islam itu sendiri, yang sebenarnya ada yang disebutsyari'ah (Indcnesia: syariat) dan ada yang disebutfiqh (Indonesia: fikih).Hukum Islam dalam kategori fikih itulah yang selalu dinamis. Kedinamisanhukum Islam itu terutama ditunjang oleh prinsip-prinsip yangdigunakan dalam metodologi hukum Islam (Ushul al-Fiqh), seperti ijina',q bas, istihan, mashlahuh rnursalah, dan prinsip-prinsip lainnya.Sejarah telah membuktiikan bahwa pe jalanan hukum Islam sejakzaman Nabi Muhammad hingga sekarang ini sarat dengan dinamisasi.Muncul.nya para imam mazhab besar dengan karya-karya fikih merekamerupakap titik awal munculnya dinamisasi hukum Islam tersebut. Apayang telafi dirintis oleh para imam mazhab besar ini ternyata masihberlanjut dan berkembang hingga sekarang.

Copyrights © 1996






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...