Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV

PERANAN ORANGTUA DALAM PROSES PENYESUAIAN DIRI ANAK MAMPU LATH

Mumpuniarti Mumpuniarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2016

Abstract

Penyesuaian diri sebagai usaha manusia dalam mempertahankankehidupannya, dan sebagai indikator pada tingkat kemandirian seseorang.Setiap orangtua bertanggung jawab membimbing anak kepadapenyesuaian din, agar anak mencapai kemandiriannya.Bagi orangtua yang mempunyai anak mampu latih memerlukancara-cara khusus dalam membimbing ke arah penyesuaian diri. Penyesuaiandiri yang dicapai anak mampu latih juga mengarah pada realitas darilingkungan, namun terbatas pada kemampuan yang dapat dilakukan anakmampu latih. Dengan adanya keterbatasan pada anak mampu latih, orangtua harus melakukan cara-cara khusus dalam membimbing penyesuaiandiri mereka.Adapun cara-cara khusus tersebut melalui latihan-latihan dalampenyesuaian pribadi, penyesuaian sosial dan penyesuaian keterampilan.Dalam latihan-latihan ini orangtua perlu menjadi pelatih utama sertapemegang kunci utama untuk mengantarkan anak mampu latih kepadapenyesuaian diri, dengan berusaha belajar dan berkonsultasi kepada ahliahlikhusus yang rnemahami masalah anak mampu latih.

Copyrights © 1996






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...