Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII

PENERAPAN TEORI TAGMEMIK ' DALAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA

Soeparno Soeparno (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2015

Abstract

Pengajaran Bahasa Indonesia yang bertolak dari paham tradisionalisme ter­nyata tehih gagal di dalam menanamkan perbedaan pengertian antaTa bahasa dan tulisan kepada para siswa, dan sekaligus juga gagal di dalam membedakan penger­tian bunyi dan huruf. Kelemahan ini sebenarnya secara teocitis akau tertolong oIeh metode langsung dengan teknik drill practice yang diagung-agungkan oleh kaum struktural; namun karena knrang praktis dan terlalu menjemuk~. akhirnya meto­de tersebut banyak ditinggalkan orang. Perkembangan linguistik pada pertengahan abad XX yang ditandai dengan munculnya paham transformasionalisme, ternyata juga knrang memberikan andil di dalam pengembangan pengajaran Bahasa Indonesia: Oleh karena itu dirasakan perlu adanya teori lain untuk diterapkan di dalam pengajaran Bahasa Indonesia. Salah satu teori yang sangat poteosial uotuk diterapkan di dalam pengajaran Bahasa Indonesia adalah Teori Tagmemik. Teori ini memiJiki banyak keunggulan terutama untuk hal-hal yang berkenaan dengan satuan lingual di atas kalimat. ke­ eklektikan. kesemestaan, hierarkhi, dan klas pengisi pada slot predikat.

Copyrights © 1988






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...