Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1984,TH.IV

TlPE PERNYATAAN KRITIS TERHADAP KARYA SENI RUPA SEBAGAI SALAH SATU INDIKATOR KEMAMPUAN APRESIATIF SUBYEK DIDIK

Bambang Damarsasi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2015

Abstract

Pernyataan kritis atau komentar yang diberikan terhadap suatu karya seni rupa oleh seseorang tidak mustahil sangat berbeda dengan orang yang lain. Perbedaan-perbedaan komentar ini menunjukkan adanya macam-macam tipe "kedalaman" penghayatan seni. Tipe-tipe pernyataan itu dapat dimanfaatkan dalam pendidikan seni rupa sebagai salah satu sumber data dalam usaha mendapatkan gambaran yang lebih lengkap mengenai tingkat kemampuan apresiasi seni rupa subyek didik sebagaihasil belajar mereka. Evaluasi hasil belajar dalam pendidikan seni rupa selama ini dirasa masih mengandung hal-hal yang pelik, khususnya antara lain dalam hal pengukuran kemampuan apresiasi. Tulisan ini disajikan dengan sifat imajinatif; dengan demikian untuk keperluan evaluasi yang operasional perlu ditunjang penelitian kancah dan analisis yang seksama, khususnya dalam kondisi pendidikan seni rupa di Indonesia.

Copyrights © 1984






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...