Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2016, TH. XXXV, NO. 2

DAMPAK REGULASI DI BIDANG TIK TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL SISWA DI SEKOLAH

Binti Maunah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis regulasi di bidang TIK yang disusun oleh SMK Sore Sunan Rahmat di Tulungagung, dampak positif dan negatif yang terjadi, dan berbagai perubahan perilaku sosial siswa pasca regulasi TIK. Metode yang dingunakan yaitu penelitian kualitatif. Data diperoleh dari hasil participation observation dan in-depth interview. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah: data display, data reduction, classification, dan conclusion). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) terdapat empat regulasi TIK yang disusun, yaitu mengintegrasikan TIK dalam proses  pembelajaran di sekolah, membentuk ICT center. membentuk Jejaring Pendidikan Siswa (Jardikwa), mengembangkan TIK secara mandiri tanpa ketergantungan dengan pihak lain, 2) terdapat dampak positif dan negatif regulasi pemanfaatan TIK, namun dampak positif telah mendominasi regulasi itu, dan 3) perubahan sikap sosial yang terjadi mayoritas bersifat positif dan mampu meningkatkan mutu layanan sekolah kepada siswa. Keywords: regulasi, teknologi, informasi, komunikasi, perilaku sosial

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...