Cakrawala Pendidikan
No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3

PENERAPAN SISTEM NILAI DALAM BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH UNGGUL: STUDI MULTIKASUS

Manshur . (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2013

Abstract

Abstrak: Penerapan Sistem Nilai dalam Budaya Organisasi Sekolah Unggul Studi Multikasus. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran mendalam tentang penerapan sistem nilai dalam budaya sekolah unggul yang memiliki latar budaya organisasi yang berbeda, baik dari segi nilai-nilai yang dianut maupun penyelenggaranya, yaitu SMPN1 Banyuwangi, SMP Kristen Aletheia Genteng, dan SMP Bustanul Makmur Genteng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus dengan menggunakan pendekatan fenomenologis dan budaya. Informan ditetapkan secara purposif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Data dianalisis secara berulang-ulang melalui analisis dalam kasus dan analisis lintas kasus. Temuan penelitian sebagai berikut. (1) Penerapan sistem nilai pengetahuan terwujud apabila (a) terlaksana sistem nilai prestasi; (b) sistem nilai mandiri; (c) sistem nilai displin; dan (d) sistem nilai keunggulan. (2) Penerapan sistem nilai sosial terwujud apabila (a) terlaksana sistem nilai kebebasan yang ber tanggung jawab; (b) sistem nilai kesederhanaan kesahajaan; dan (c) sistem nilai kebersamaan dan persaudaraan. (3) Penerapan sistem nilai agama terwujud apabila (a) terlaksana sistem nilai ibadah; dan (b) sistem nilai kerendahan hati. Kata Kunci: sistem nilai, budaya organisasi, sekolah unggul, SMP

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...