Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1995,TH.XIX

BEBERAPA PERMASALAHAN KUALITAS PENDIDIKAN MIPA DAN UPAYA PENINGKATANNYA MENUJU LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI UNTUK SEMUA ORANG

Yulipriyanto Yulipriyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2016

Abstract

Matematika dan 11mu Pengetahuan Alam (MIPA) atausering disebut sains merupakan bagian dari Hmu pengetahuanyang mempunyai andU cukup besar bagi pengembangan Hmupengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang manfaatnya bisadirasakan dewasa ini.Namun, sebagian besar dari masyarakat kita masihmenjadi konsumen IPTEK, olp.h karena itu agar kita tidakhanya menjadi pembaca kemajuan IPTEK atau pemakainyasaja, perlu ditempuh berbagai upaya untuk memperbaiki mutupendidikan sains dan matamatika yang menjadi dasar pencip-taanteknologi, mulai dari pendidikan dasar sehingga semuawarga negara nantinya terbuka (Jawa::; melek) terhadap sainsdan teknologi (scientific and technological literacy).Permasalahan kualitas pendidikan MIPA yang perluditingkatkan adalah dalam hal llpemahamannya". Bila dicer"mati memang masih ada permasalahan yang perlu dipecahkan,yaitu faktor lemahnya penguasaan mated MIPA oleh guru.kreativitas guru. konsep MIPA oleh siswa. kurikulum. laboratoriumlmtuk menunjang keterampilan dan interpretasi. siswa."serta reIerensi ilmiah yang menunjang topik pelajaran..Olehsebab itu, peningkatan kualitas MIPA pada setiap pesertadidik (siswa) melalui perbaikan terhadap faktor-Iaktor pcnghambatpembelajaran pendidikan MIPA, memudahkan literasisains dan teknologi' untuk semua orang di waktu yang akandatang.

Copyrights © 1995






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...