Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII

PENDEKATAN TERMODINAMIKA SUATU ALTERNATIF MENGAJARKAN KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA

Togu Gultom (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2016

Abstract

Semua proses yang terjadi di alam ini bertendensi untukmemperoleh kestabilan yang maksimum, yaitu' suatu keadaankesetimbangan. Suatu aspek p~nting dalam kesetimbanganadalah kedudukan kesetimbangan. Kedudukan kesetimbanganmenentukan jumlah hasil reaksi yang' dapat diperoleh secarakuantitatif.Pendekatan kinetika untuk mengajarkan kesetimbangan:kimia kurang berhasil menjelaskan beherapa konsep' maupunprinsip kesetimbangan. secara kuantitatif. Pendekatan inimemang .cukup berhasil untuk menjelaskan hal-hal yang kualitatif.Sedangkan pendekatan termodinamika dapat menjelaskannyadengan cukup mtidah. Dengan pendekatan termodina- .mika, dibutuhkan kesiapan matematika yang lebih mapan,sebab pendekatan ini menggunakan alur berfikir secara matematis.

Copyrights © 1992






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...