Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1995,TH.XIX

STRATEGI MENGGUNAKAN MEDIA PENGAJARAN BAGI PENDIDIKAN DASAR

C. Asri Budiningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2016

Abstract

Kondisi pengajaran di SD hingga kini rna-sih kurangrnenekankan pada pengajaran sebagai proses. Keg~atan pengajaranmasih sering disajikan hanya dalam bentuk' pemberianinformasi kurang didukung dengan penggunaan' 'media dansumber-sumber lain. Sehingga infOImasi-infor.ma·si yangdisajikan guru. yang ada dalam buku-buk\J paket· dan yangtercantum dalam kurikuJum, tidak Lanyak arti.nya bagikehidupan.DaJam proses belajar mengajar, siswa harus secaraaktif ada upaya untuk berbuat atas dasar kemampuan dankeyakinannya sendiri. Karena, belajar baru akan terjadi jikaindividu berinteraksi dengan lingkungan atau sumber belajar.Untuk itu tugas guru sebagai pemberi Hmu sudah harusbergeser kepada peran baru yang lebih kondusif bagi siswa,yaitu dapat memilih dan mengkombinasikan metode mengajarnyadengan sumber-sumber belajar atau media pengajaranyang ada. Untuk keperluan itll guru dapat membua~ sendiripaket media pengajaran dari bahan-bahan dan a.iat-alatsederhana yang murah harganya dan mudah diperoleh.Sebagaimana dikemukakan oleh para ahli pengajaranbahwa efektivitas media dalam sistem pengajaran tidak terletakpada media apa yang digunakan.. tetapi bagai.manamedia tersebut digunakan. Maka intensitas penggunaari mediasangatlah penting. Inten5itas penggunaan media dapat dilihatdari aspek kuantitas maupun kualitasnya. Dad aspek kuantitaspenggunaan media, ukurannya adalah keseringan a taufrekuensi media digunakan dalam kegiatan pengajaran.Sedangkan dari aspek kualitas penggunaan media, dapatdilihat dad bobot penggunaannya. yaitu ketepatan dankebermaknaan media bagi kepentingan belajar mudd. Kualitaspenggunaan media dapat dilihat dari; 1} strategi penggunaanmedia dalam kegiatan pengajaran, dibagi ke dalam 3 bagian,yaitu persiapan sebelum menggunakan media, kegiatan selamamenggunakan mediaJ dan kegiatan tindak lanjut. 2} pengklasifikasianmedia pengajaran untuk keperluan mempreskdpsikanstrategi penyampaian pengajaran, meliputi (a) tingkat k~cerrnatanrepresentasi media, (b) tingkat interaktif yang mampuditimbulkan media. (c) tingkat kemampuan khusus yang dimilikimedia, Cd) tingkat rnotivasi yang mampu ditirnbulkanmedia. dan (~) ting~at biaya yc..ng diperlukan.

Copyrights © 1995






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...