Tunra~a~~lc rhudaptc nsga kerja berpcndidikan merupakan masalahyang mcnarik rtntuk dibicarakan. Sebelum dicetuskan strategi link andmncth atau kclcrkai~and a13 kcscpadanan, tampaknya pendidikan senisudilh bcrupayn mcmpertimbangkan hasil lulusannya. Khususnya untukpendidiksn scni rupa , dcngnn kctrampilan yang diperoleh lulusannya,sehingga dapal langsung bckg~ja di sektor formal maupun informal.Hal iniln11 yang rncnjadi pemikiran lebih lanjut bagi pengembangankemaridirian produk pendidikan seni. Pada dasarnya ilmu pengetahuandan tcknoliigi; secnra konsensus Japa.Crm'endukung skni terutamauntuk pcngcmbangan cksprcsirya. Dengan manpembangkan ke dalamdan kc lusr, yaitir hcrdnsarkan pada fungsi lembaga pendidikan seni dantontangan pcngaruh dnri lusr. mnka pendidikan seni scharusnya rnampumcrnccallksn bc.rbagai ~.rcrmasalahan unluk kemandirian produknya.Irulah ill~ernilrify ang ditawarkan dalam tulisan ini.
Copyrights © 1996