Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN JUNI 2014, TH. XXXIII, NO. 2

PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI KURIKULUM MULTIDIMENSI UNTUK KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI

Berman Hutahaean (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2014

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model evaluasi kurikulum multidimensi (EKM) untuk Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di Politeknik dari enam dimensi evaluasi; mengetahui strategi penerapannya; menghasilkan program aplikasinya dengan komputer; dan mengetahui keunggulan dan keterbatasannya. Metode penelitian yang digunakan untuk menjaring data sesuai permasalahan dan tujuan penelitian adalah survei, studi kepustakaan, dan metode Delphi yang dimodifikasi. Temuan Penelitian, dihasilkan suatu model evaluasi kurikulum multidimensi (EKM) yang komprehensif yang sesuai untuk KBK, sesuai dengan sistem pendidikan Politeknik, dan dapat digunakan di Politeknik. Model EKM ini dikembangkan dari model CIPP menjadi enam dimensi evaluasi dalam satu siklus evaluasi yang bertujuan untuk menyediakan informasi sebagai alternatif penentuan keputusan untuk perbaikan kurikulum. Penerapannya dimulai dari dimensi evaluasi: konteks dan kebutuhan, desain, implementasi, hasil, dampak, sampai evaluasi terhadap evaluasi kurikulum. Dihasilkan suatu program EKM dengan menggunakan komputer. Kata Kunci: evaluasi, kurikulum, kompetensi, multidimensi, dan komprehensif

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...