Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1997,TH.XVI

PENDEKATAN SOSIAL DALAM PEMBEWARAN AGAMA

Suparlan Suparlan (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2016

Abstract

Pemsalahan sosial lerus tejadi dalam pmer pembangunan, bahbn padaakhir-akhir ini ada yang menjurus pada kekerasan sosial. Pennasalahan ini tcnlunyaakan semakin mengeribn jib tidak segera dicari beberapa allernatit penumbuhankesadaran sosial pada anal; didik. Pendidikan agama sebagai salah salu mate" yangsangat era1 dengan pembentubn kepribadian sudah sehamsnya ambil bagian dalam ha1ini, terlebih agama di dalamnya telah mengkfaim sebagai pelunjuk dan pdomankehidumn manusia. Namun demikian vendidibn a.mm a .p ada umumnya masih terfdtuspada penanaman doklrin spiritual, dan;dikit sckali mcngamhbn pad; pcmahaman dmpenumbuhan kcsadaran sosial whingga perk ada pemikiran unluk mengupyakankndidibn rgama yang bemrienlasi pcrnbelajaran soaial.Upaya yang relatil pat diterapkan dalam pembelajaran agama yangberorientasi sosial tanpa mengurangi bbl mcmbcribn doklrin spiritual adalah:memberi maha misl pada xtia~ mualan materi pembelajaran awrna,mentranrformasikan pennasalahan dan kehidupan xalal dalai pcmbcandan dengan menggunakan pendckalan merode pembelajaran plural, yang mengahinpengarnilan, pernikiran, wrta perenungan dalam hali anak didili

Copyrights © 1997






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...