Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1995,TH.XIX

STUDI AWALTENTANG GAGASAN ISLAMISASI ILMU-ILMU SOSIAL

Marzuki Marzuki (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2016

Abstract

Gagasan Islamisasi IImu-ilmu sosial mcrupakan isu scntraldika langan sarjana muslim sctelah memperhatikan perkembanganilmu-ilmu sosial Barat yangjauh dari nilai-nilai Ilahi yang lidakcocok dilcrapkan dan digunakan oleh umat Islam. Gagasan tersebutdimotori oleh Ismail Razi AI-Faruqi yang kemudian diikuti dandikcmbangkan oleh sarjana-sarjana Muslim lainnya Syed Muhammadal-Naquib Alatas, Ziauddin Sardar, dan l~in-Iainnya.Isalamisasi Hmu-ilmu sqsial ini bisa diupayakan denganmenghilangkan unsur-unsur dan konsep-konscp pokok yang memben1ukilmu ilmu sosial yang dirumuskan tidak alas dasar pengetahuanyang diwahyukan Allah ataupun kepcrcayaan agama. Setelah melewatiproses terscbut maka harus diupayakan konsep-konsep pokokkcislaman ke datam ilmu-iImu sosial terse but sehingga lerbentukilmu-i1mu yang benar-benar yang sesuai dengan fitrah manusia.Konsep-konsep yang dimaksud misalnya konsep din (agama), hikmah(kebijaksanaan)" ,'adl (keadilan), dan sebagainya.Masill panyak problem yang dalam rangka menerapkangagasan IsIamisasi ilmu-ilmu sosiaI ini. seperti bcIum adanya kesepakatanyang bulat dikalangan para sarjana Muslim sendiri. Menerapkankonsep-konsep Hmu sosial Islam pada bagian-bagian yangsulit dipecahkan hingga sekarang.

Copyrights © 1995






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...