Ada berbagai 1l1asalah yang nlengerubutipembinaan sunlberdaya insani (SOl) dalam tubuhbangsa Indonesia terutama untuk generasi muda.Metnang telah ada upaya-upaya pemerataanpendidikan dan bagaimana puteraJputeri berpotensidididik secara tepat dan baik. Namun demikian faktayang tanlpak111asih tertuju pada keunggulan kognitifdan psikonl0tor yang bersifat verbal, fiskal,dandangkal. Aspek etnosional, kreativitas, spiritual danmoral belum tergarap lebih intensif.Hal ini terbuktidariscjul11lah kasus perilaku sebagian tnasyarakat kitayang tidak relevan dengan peradaban bangsa kita.[)alanl memasuki era global terutama dalammasyarakat nladanikine~ja yang telah tampak dewasaini masih jauh dari harapan. Sudah pada tempatnyaj ika harus ada upaya reformasi nlulai .dari redefinisidan reorientasi fi losofi pendidikan sampai padasegenap aspek lainnya dalam pendidikankita,terutalna dalanl nlcmasuki era gJobalisasi yang di11~ I~nlln\/:.l .. VA ....'-4...,'L4 .. sosok masyarakat tnadan i. Hal itunlakin tidak ringan dengan realisasi otonomi dalamsegala bidang ternlasuk dalam dunia pendidikankarena keterbatasan kualitas SOl pada sejumlahwilayahdi Nusantara inL Sistem pendidikan kita harusmanlpu Inewujudkan adanya kemerdekaan, persamaandan keadilan (tegaknya hukum) dalam arti yangsebenarnya dan tidakbolch tidak upaya pembinaan ituterintegrasi dalam tiga pusat pendidikan (termasuk didalanlnya pendidikan kcluarga / pendidikan luarsekolah) secaraharnl0nis dan berkesinanlbungan
Copyrights © 2000