Socia : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Vol 15, No 2 (2018): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn

Sri Purwanti (SMP Negeri 7 Yogyakarta)
Abdul Gafur (Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achivement Divisions (STAD). Teknik pengumpulan data menggunakan tiga instrument, observasi, angket dan soal tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif untuk motivasi belajar serta angket dan kuantitatif untuk hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar. Dilihat dari kondisi awal siswa yang mencapai kriteria sangat aktif hanya 17,6%, kemudian bertambah menjadi 20,6% pada siklus 1, kemudian pada siklus kedua bertambah menjadi 58,8% dan di akhir siklus menjadi 91,2%. Sedangkan dalam hasil belajar,  pada tes awal belum ada atau (0%) siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan  Minimal (KKM) yaitu telah meraih nilai 75 ke atas, setelah tindakan  siklus pertama ada peningkatan 47,1% siswa.

Copyrights © 2018