JPTK: Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Vol 16, No 2 (2007): Oktober

Analisis Peluang Kerja Bidang Teknik Mesin pada Bursa Kerja Online

Apri Nuryanto (Dosen Teknik Mesin FT UNY)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2007

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang jenis lapangan kerja, jababatan, lokasi penempatan, dan kualifikasi kerja lulusan teknik mesin berdasarkan data-data informasi lowongan kerja pada situs bursa kerja online. Penelitian ini juga bermaksud menganalisis factor-faktor yang berkaitan dengan peluang kerja lulusan teknik mesin. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif berdasarkan data kebutuhan lulusan teknik mesin pada situs kerja online. Populasi penelitian ini adalah semua informasi peluang kerja bagi lulusan teknik mesin periode 2007 yang terdapat pada situs bursa kerja online. Sampel dalam penelitian adalah informasi peluang kerja bagi lulusan teknik mesin periode 2007 yang terdapat pada situs bursa kerja www.InformasiKerja.com, www.Karir.com, www.JobDB.com, www.IndoJPB, dan www.Ekarir.com. Data dianalisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa a) jenis pekerjaan yang ditawarkan untuk teknik mesin masih banyak pada bidang manufacturing yaitu sebanyak 34,2% b)jabatan yang ditawarkan untuk teknik mesin ada sekitar 103 jenis jabatan, dan yang paling banyak adalah jabatan sebagai mechanic engineer (74 lowongan kerja), c) lokasi penempatan masih dominan di Jawa (95,2%) dibanding dengan luar Jawa, dan hampir 67% permintaan pekerjaan ada di Jakarta, d) kualifikasi yang paling banyak dibutuhkan pada tingkat diploma (59,9%), dan sarjana hanya (31,6%), e) rata-rata perusahaan membutuhkan pelamar yang sudah mempunyai pengalaman kerja 3 tahun, f) perusahaan menuntut pelamar menguasai komputer sebesar 90% dan bahasa asing/Inggris 88,1%.

Copyrights © 2007






Journal Info

Abbrev

jptk

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal of Technical and Vocational Education and Training (TVET) which is a double-blind peer-reviewed journal. The journal invites authors throughout the world to exchange and disseminate theoretical and practice-oriented topics relevant to: (1) ...