Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 12, No 2: December 2017

Pengembangan model asesmen pembelajaran matematika SMA berdasarkan kurikulum 2013

Dewi Mardhiyana (Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta)
Jailani Jailani (Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model asesmen pembelajaran matematika SMA yang sesuai dengan Kurikulum 2013 yang layak, yaitu valid, reliabel, dan praktis. Model asesmen yang dikembangkan terdiri dari instrumen asesmen untuk mengukur Kompetensi Inti 1 (KI-1), Kompetensi Inti 2 (KI-2), Kompetensi Inti 3 (KI-3), dan Kompetensi Inti 4 (KI-4). Model pengembangan yang diterapkan adalah model Plomp, yang terdiri dari tahap penelitian awal, pengembangan, dan penilaian. Analisis kevalidan dilakukan dengan menggunakan indeks Aiken. Reliabilitas dilakukan dengan rumus Alpha dan KR-20. Analisis kepraktisan dilakukan dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil validasi, model asesmen yang dikembangkan memenuhi kriteria valid untuk masing-masing angket, lembar observasi, dan tes. Hasil uji coba menunjukkan bahwa model asesmen yang dikembangkan memenuhi kriteria reliabel dan praktis. Model asesmen mencapai kriteria reliabel berdasarkan hasil tes dan angket. Model asesmen juga mencapai kriteria praktis untuk penilaian guru dan kriteria baik untuk penilaian siswa.Kata Kunci: pengembangan, model asesmen, pembelajaran matematika, Kurikulum 2013 Developing High School Mathematics Learning Assessment Model Based on Curriculum 2013 AbstractThe purpose of this research is to produce a model of high school mathematics learning assessment which is appropriate with Curriculum 2013, is valid, reliable, and practical. The assessment models developed consists of an assessment instrument to measure Core Competencies 1 (KI-1), Core Competence 2 (KI-2), Core Competencies 3 (KI-3), and Core Competence 4 (KI-4). The developing model in this research was Plomp model, which consists of preliminary research, development, dan assesment phase. Validity analysis was performed by using the index Aiken. Reliability test was performed with the formula Alpha and KR-20. The analysis at practicality was with descriptive analysis. The results of the validation show that the assessment models developed are valid based on the questionnaire, observation sheet and test. The results of the tryout show that assessment models are reliable and practical. The assessment models is reliable criteria based on the tests and questionnaires. The assessment model also is practical criteria based on the teacher’s assessment and good criteria for student’s assessment.

Copyrights © 2017