Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2: December 2013

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Himpunan Menggunakan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa MTs Al-Ishlahuddiny Lombok

Mulhamah Mulhamah (STID Mustafa Ibrahim Al-Ishlahuddiny Nusa Tenggara Barat)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika materi himpunan menggunakan pendekatan kontekstual untuk siswa MTs Al-Ishlahuddiny Lombok, yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang mengembangkan perangkat pembelajaran meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa, dan tes hasil belajar. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model 4-D dari Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang telah dimodifikasi sehingga hanya memuat tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan kontekstual yang meliputi silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang berkualitas dan layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing silabus, RPP, dan LKS sangat valid, sangat praktis, dan efektif.Kata kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran matematika, pendekatan kontekstual. Developing Mathematics Teaching Kit on the Set Material Using the Contextual Approach for Students of MTs Al-Ishlahuddiny Lombok AbstractThe purpose of this research is to describe the steps and result of developing a valid, practical, and effective, mathematics teaching kit on set material using the contextual approach for students of MTs Al-Ishlahuddiny Lombok. This research is a developmental research study, which develops a teaching kit including the syllabus, lesson plan, worksheets, and achievement test. The developmental model in this research is the 4-D model of Thiagarajan, Semmel, and Semmel which has been modified so that it contains only the definition phase, design, and development. The research produced a quality and feasible mathematics teaching kit that uses the contextual approach that includes the syllabus, lesson plans, and worksheets. The result of the research shows that each of the syllabus, lesson plan, and worksheets are very valid, very practical, and effective.Keywords: development, mathematics teaching kit, contextual approach.

Copyrights © 2013