Jurnal Manajemen Update
Vol 9, No 2 (2020): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN

Pengaruh Promosi Berbasis Social Media Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Menonton Film Produksi Falcon Pictures (Studi pada Penonton Film Produksi Falcon Pictures di Kota Pontianak)

Rozi, Fahrur B1021151097 (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Promosi Berbasis Social Media dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan. Dalam penelitian ini, populasinya adalah seluruh konsumen yang pernah menonton film produksi Falcon Pictures di Kota Pontianak. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 125 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling dan model analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi berbasis social media berpengaruh signifikan terhadap keputusan menonton dan variabel electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan menonton.Kata kunci : Promosi, Social Media, Electronic Word of Mouth, Keputusan Menonton.DAFTAR PUSTAKA  Arifin, Ali. (2003) Viral Marketing, Konsep Baru Berinvestasi Dan Berwirausaha. Yogyakarta : Andi Publisher.Bataineh, A.Q. (2015) The Impact of Perceived e-WOM on Purchase Intention: The Mediating Role of Corporate Image. International Journal of Marketing Studies. Vol. 7, No.1, 126-137.Bruyn, Arnaud De., Lilien, Gary L., (2008). A Multi-Stage Model of word-ofmouth Influence Through Viral Marketing, Elsevier Ltd. Vol.25, pp. 151 163Charles Lamb, W.et.al. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat: JakartaCheung, C.M.K and M K.L. Lee (2012), What drives consumers to spread electronic word of mouth in online consumer opinion platform. Decision Support System 53, pp. 218-225Ghozali, Imam. (2011) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., dan Marticotte, F. (2010). e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context, Canadian Journal of Administrative Sciences, 27(1), 5-23Gruen,T.W et al (2006), e-WOM: the impact of customer-to-customer online knowhow exchange on customer value and loyalty, Journal of Business Research, Vol. 59. No.4, pp. 449-456.Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.Kotler, Philip. (2006) Manajemen Pemasaran Edisi Milenium Alih Bahasa Nebyamin Molan. Jakarta: Prenhallindo.Kotler, Philip & Amstrong, Gary. (2004) Dasar-dasar Pemasaran, edisi ke sembilan jilid 2. Jakarta: PT Indeks.___________ (2006)   Prinsip-prinsip            Pemasaran      Edisi    12        jilid 1. Jakarta: Erlangga,.Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12.     Jilid 1. Jakarta: Erlangga.Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga.Kozinets, R., de Valck, K., Wojnicki, A., & Wilner, S. (2010). Networked Narratives: Understanding Word-of-Mouth Marketing in Online Communities. Journal of Marketing. 74 (2), 71-89.Kusumawardhani, Indra. 2012. Pengaruh Corporate Governance, Struktur Kepemilikan, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajem en Laba. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi. Vol.9 No.1 Hlm 41-54.Lin, C., Wu, Y. S., dan Chen, J. C. V. (2013). Electronic Word of Mouth: The Moderating Roles of Product Involvement and Brand Image. Technology Innovation and Industrial Management.Miller, K.D., Fabian, F. & Lin, S.J. 2009. Strategies for online communities. Strategic Management Journal, 30(3), 305-322.Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama MediaSchiffman, L.G. and Kanuk, L.L. (2007), Consumer Behaviour, 9th edition, Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Prentice-Hall.Schramm, W., and Robert, D. F., 1977. The Proces and Effect of Mass Communication, Urbana: University of Illionis Press.Solimun. (2011). Analisis Variabel Moderasi dan Mediasi. Program Studi Statistika FMIPA Universitas Brawijaya. Malang.Solis, Brian. (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Business to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta. Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.Supriyanto, H. (2009). Metodologi Riset Bisnis. Jakarta Barat: PT Indeks.Sunyoto, Danang. (2012). Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: Buku SeruThoyibie, L. 2010. Psikologi Social Media. http://komunikasi-indonesia.org.Tjiptono, Fandi (2008). Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi  Offset. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/01/media-sosial-apa-yang-paling-sering-digunakan-masyarakat-indonesiahttp://filmindonesia.or.id/movie/viewer/2007-2019#.XT7zMvIzbIUhttps://beritagar.id/artikel/laporan-khas/perfilman-indonesia-menuju-50-juta-penonton 

Copyrights © 2020