Jurnal Manajemen Update
Vol 9, No 2 (2020): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN

PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP CUSTOMER EXPERIENCE SERTA DAMPAKNYA TERHADAP MINAT BERMAIN ULANG (STUDI KASUS PADA PENGUNJUNG TRANS STUDIO MINI KUBU RAYA DI TRANSMART)

Dewantoro, Muhammad Syaid B1021151047 (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh Store Atmosphere terhadap Customer Experience Serta Dampaknya Terhadap Minat Bermain Ulang (Studi Kasus pada Pengunjung Trans Studio Mini Kubu Raya di Transmart)”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk assosiatif kausal. Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner online kepada pengunjung Trans Studio Mini Kubu Raya dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan menggunakan SPSS versi 24.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strore atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer experience, customer experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat bermain ulang dan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat bermain ulang.Kata kunci: Store Atmosphere, Customer Experience, Minat Bermain UlangDAFTAR PUSTAKABaker, J., Parasuraman, A., Grewal, D., & Voss, G. B. (2002). The Influence of Multiple Store Environment Cues on Perceived Merchandise Value and Patronage Intentions. Journal of Marketing, 120-141.Berita Resmi Statistik. (2019, Agustus 1). Retrieved from Badan Pusat Statistik Kubu Raya: https://kuburayakab.bps.go.id/Bitar. (2019, Agustus 9). Pengertian Pariwisata Menurut Para Ahli. Retrieved from GuruPendidikan.Com: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-pariwisata/Boone, L. E., & Kurtz, D. L. (2015). Contemporary Marketing. Boston: Cengage Learning.Chen, J. L. (2014). The Impact of Bed and Breakfast Atmosphere, Customer Experience, and Customer Value on Customer Voluntary Performance: A Survey in Taiwan. Asia Pacific Journal of Tourism Research, 1-22.Cronin, J. J., Jr., & Taylor, S. A. (1992). Measuring Service Quality: A Reexamination and Extension. Journal of Marketing, 55-68.Emes, L. S., & Sari, D. (2019). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Ulang Pada Marka Coffe & Kitchen. e-Proceeding of Management , 1360-1365.Evans, J. R., & Berman, B. (1997). Marketing. New Jersey: Prentice Hall.Generasi Millennial Lebih Suka Nabung Buat Traveling Ketimbang Beli Rumah? (2018, Februari 25). Retrieved from E-Learn: https://elearn.id/blog/generasi-millennial-lebih-suka-nabung-buat-traveling-ketimbang-beli-rumah/Gentile, C., Spiller, N., & Noci, G. (2007). How to Sustain the Customer Experience: An Overview of Experience Components That Co-create Value With the Customer. European Management Journal, 395-410.Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Hafiz, M., & Tresnati, R. (2018). Pengaruh Customer Relationship Marketing dan Customer Experience terhadap Repurchase Intention pada Pelanggan 372 Kopi Bandung. Prosiding Manajemen, 964-972.Hellier, P. K., Geursen, G. M., Carr, R. A., & Rickard, J. A. (2003). Customer Repurchase Intention. European Journal of Marketing, 1762-1789.Huang, S. (., & Hsu, C. H. (2009). Travel Motivation: Linking Theory to Practice. International Journal of Culture, 287-295.Hussain, R., & Ali, M. (2015). Effect of Store Atmosphere on Consumer Purchase Intention. International Journal of Marketing Studies, 35-43.Kartajaya, H. (2006). Hermawan Kartajaya On Marketing Mix Seri 9. Bandung: PT Mizan.Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: PT. Prenhallindo.Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.Kotler, P., & Amstrong, G. (2010). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga.Kotler, P., & Keller, K. L. (2010). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.Meyers, K. (2009). Pengertian Pariwisata. Jakarta: Unesco Office.Mulyono, S. H., & Djatmiko, T. (2018). Penagruh Customer Experience Terhadap Customer Satisfaction di Tokopedia. e-Proceeding of Management, 1843-1848.Pappas, I. O., Pateli, A. G., Giannakos, M. N., & Chrissikopoulos, V. (2013). Moderating Effects of Online Shopping Experience on Customer Satisfaction and Repurchase Intentions. International Journal of Retail & Distribution Management, 187-204.Pedoman Penulisan Karya Akhir. (2017). Pontianak: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.Peter, J. P., & Olson, J. C. (2010). Consumer Behavior and Marketing Strategy. New York: Mcgraw-Hill.Pramatatya, V., Najib, M., & Nurrochmat, D. R. (2015). Pengaruh Atmosfer Kedai Kopi Terhadap Emosi dan Keputusan Pembelian Ulang. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 126-136.Schmitt, B. (1999). Experiential Marketing. Journal of Marketing Management, 53-67.Schwager, A., & Meyer, C. (2007). Understanding Customer Experience. Portola Valley: Strategic Alignment Group.Simamora, B. (2001). Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: Gramedia Pustaka UtamaSimamora, B. (2001). Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.Tjiptono, F. (2001). Manajamen Jasa. Yogyakarta: Andy Offset.Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Copyrights © 2020