Jurnal Entropi
Vol4, No 2, 2009

PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS MELALUI METODE PRAKTIKUM DAN DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 3 MALANG

Ida Bagus Suryadharma, Mahmudi (Unknown)
Istiqomah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2009

Abstract

Persoalan yang dihadapi MAN 3 Malang bukan hanya terbatas pada upaya membuat kegiatan belajar mangajar lebih menarik tetapi juga bagaimana menumbuhkan motivasi dan meningkatkan prestasi belajar. Tujuan penelitian adalah membandingkan efektivitas pendekatan kontruktivis melalui metode praktikum dan diskusi dengan pendekatan konvensional dalam meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar kimia siswa kelas XI MAN 3 Malang. Penelitian merupakan penelitian eksperimental semu (quasi experimental design). Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MAN 3 Malang semester gasal tahun ajaran 2008/2009. Sampel penelitian adalah kelas XI -1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-4 sebagai kelas kontrol yang di ambil dengan cara acak terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas eksperimen (100) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (50) yang diperoleh dari hasil angket evaluasi guru, dan prestasi belajar siswa kelas eksperimen dengan nilai rata-rata kelas 16,97 lebih tinggi dibandingkan prestasi belajar siswa kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas 14,51, sehingga pembelajaran kimia dengan menggunakan pendekatan konstruktivis melalui metode praktikum dan diskusi lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan pendekatan konvensional untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t yang diperoleh harga thitung (4,522) > ttabel (1,995).

Copyrights © 2009