Edutech
Vol 19, No 1 (2020)

PENINGKATAN KUALITAS GURU PJOK DALAM MENGHASILKAN KARYA ILMIAH MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Haris, Fahmil (Unknown)
Amsal, Mutiara Felicita (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2020

Abstract

This activity aims to improve the ability of PJOK teachers in writing scientific papers and following technological developments, especially at the elementary school level. Classroom action research is a form of scientific work that aims to solve problems that exist in the learning process. The method used in this activity is participatory learning and action (PLA), including: 1) coordination with partners in the process of preparing program implementation and contacting a team of experts who will later provide training, 2) preparation of activity guides to be carried out, 3) training on making scientific papers and training on the use of information and communication technology, 4) program assistance and evaluation. The result of this activity is that partners have the insight and ability to utilize information and communication technology to produce scientific papers. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru PJOK dalam menulis karya ilmiah dan mengikuti perkembangan teknologi, khususnya pada tingkat Sekolah Dasar. Penelitian tindakan kelas merupakan bentuk karya ilmiah yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah participatory learning and action (PLA), meliputi: 1) koordinasi dengan mitra dalam proses persiapan pelaksanaan program dan menghubungi tim ahli yang nantinya akan memberikan pelatihan, 2) penyusunan panduan kegiatan yang akan dilaksanakan, 3) pelatihan pembuatan karya tulis ilmiah dan pelatihan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, 4) pendampingan program dan evaluasi. Hasil kegiatan ini adalah mitra memiliki wawasan dan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menghasilkan karya tulis ilmiah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edutech

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech adalah jurnal majalah ilmiah di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia yang terbit sebanyak tiga kali dalam setahun pada bulan Februari, Juni, dan Oktober. Semua artikel yang dikirim melalui proses peer review double blind dan ulasan editor sebelum di ...