Pengusaha yang bergerak di usaha kecil cukup banyak menghasikan produk-produk hasil kreatif. Namun demikian, keberadaan usaha kecil tumbuh tidak menentu. Banyak usaha kecil yang tidak mampu bertahan lama dan mudah mengalami kebangkrutan. Kemampuan usaha kecil untuk mampu bertahan dan cukup berhasil dipengaruhi beberapa faktor dalam kewirausahaan, diantaranya kreativitas dan inovasi. Studi ini berusaha melihat beberapa indikator dari kreativitas dan inovasi yang membentuk kompetensi kewirausahaan dan dapat membantu keberlanjutan usaha kecil. Studi ini difokuskan pada usaha kecil yang potensial di wilayah Jawa Barat. Metode yang dipakai adalah metode survei. Analisis dilakukan dengan Stuctural Equational Modeling (SEM). Hasil analisis menunjukkan beberapa indikator yang mengkontribusi kreativitas diantaranya adalah nilai intelektual dan artistic, minat, peduli pada pencapaian pekerjaan dalam mencapai keunggulan, ketekunan, pemikiran mandiri, dan toleransi terhadap keraguan.Adapun indikator-indikator yang mengkontribusi inovasi diantaranya mengkreasikan produk baru, mengkreasikan proses, pengembangan produk, perbaikan proses serta penambahan sentuhan kreatif dengan duplikasi dan pemaduan faktor produksi serta metode baru.
Copyrights © 2012