Penelitian ini adalah ?Pra-Eksperimen? yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, peningkatan hasil belajar kognitif siswa, kentuntasan hasil belajar siswa, dan keefektifan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Variabel bebas adalah model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar kognitif siswa. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X5 SMA Negeri 2 Polewali yang berjumlah 30 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data yang digunakanĀ adalah analisis deskriptif, analisis N-gain, dan uji hipotesis secara inferensialĀ diolah dengan analisisĀ program SPSS versi 20.0 dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disimpulkan bahwa aktivitas siswa berada pada kategori ?aktif?, rata-rata posttest hasil belajar berada pada kategori ?sangat baik?, rata-rata gain ternormalisir berada pada kategori ?tinggi?, ketuntasan hasil belajar siswa melebihi 85%, penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi pencemaran lingkungan di kelas X5 SMA Negeri 2 Polewali efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2015