Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3

IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Utami Murwaningsih (Unknown)
Erika Laras Astutiningtyas (Unknown)
Nuryani Tri Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2014

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian pengembangan ini adalah dihasilkannya perangkat pembelajaran matematika realistik di SMP yang telah tervalidasikan. Metode penelitian dilakukan lewat pengembangan model 4-D (four D model). Subjek uji coba terbatas perangkat pembelajaran adalah siswa kelas VII SMPN 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian berupa produk perangkat pembelajaran pada materi Aljabar di kelas VII SMP. Buku tersebut telah divalidasikan secara teoretis yang dilakukan oleh ahli di bidangnya; rencana pelaksanaan pembelajaran tertentu telah diuji secara terbatas keterbacaan dan disimulasikan;dan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian telah diuji coba terbatas. Kata Kunci: perangkat pembelajaran, matematika realistik DEVELOPING REALISTIC MATHEMATICS INSTRUCTION KITS IN JUNIOR HIGH SCHOOLS Abstract: This study was aimed to develop validated realistic mathematics instruction kits in junior high schools. The study was carried out using the four-D model. The subjects for the limited try out were the seventh grade students of SMPN 2 Sukoharjo in the academic year of 2012/2013. The product of the study was in the form of instruction kits of Algebra materials for the seventh grade students. The book had been validated theoretically by an expert; the lesson plan had been tried out and simulated; the instruction kits and the research instrument had been tried out. Keyword: instruction kits, realistic mathematics

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...