Media Komunikasi FPIPS
Vol 10, No 1 (2011)

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SIMULASI SEDERHANA BANK MINI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH AKUNTANSI PERBANKAN

Purnamawati, I Gusti Ayu (Unknown)
Sri Musmini, Lucy (Unknown)
Sri Werastuti, Desak Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2011

Abstract

Akuntansi Perbankan adalah salah satu mata kuliah keilmuan dan keterampilan (MKK) yang diberikan di semester II jurusan Akuntansi Program Diploma III Universitas Pendidikan Ganesha. Melalui pembelajaran akuntansi perbankan diharapkan memberikan pengetahuan mengenai gambaran umum dunia perbankan serta dapat meningkatkan motivasi dan prestasi mahasiswa dalam mempelajari akuntansi perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi metode pembelajaran simulasi sederhana bank mini dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Akuntansi Perbankan; (2) implementasi metode pembelajaran simulasi sederhana bank mini dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Akuntansi Perbankan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester II kelas C jurusan akuntansi program diploma III yang berjumlah 40 orang. Model penelitian ini menggunakan PTK dengan 2 siklus yang masing-masing memiliki empat tahapan yaitu: Perencanaan, Tindakan, Observasi/evaluasi, dan Refleksi. Data dikumpulkan melalui interview, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi metode pembelajaran menggunakan simulasi sederhana bank mini dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa yaitu terjadinya peningkatan keaktifan pembelajaran dan kehadiran mahasiswa di kelas dari siklus ke-1 ke siklus ke-2 sebesar 15,7%. Motivasi belajar mahasiswa juga menunjukkan respon yang posistif yaitu dengan dikaitkannya konsep akuntansi perbankan pada simulasi bank mini di kelas dirasakan sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Dari pre-test dan post-test yang diberikan pada siklus ke-1 menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata mahasiswa sebesar 23,6%. Dari pre-test dan post-test yang diberikan pada siklus ke-2 menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata mahasiswa sebesar 5,3%. Jumlah rata-rata nilai yang diperoleh oleh seluruh mahasiswa dalam suatu kelas, mencapai 88,9% maka kelas tersebut dinyatakan berhasil. Dengan ketuntasan klasikal mencapai 89,5% maka kelas yang bersangkutan dianggap tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi telah mencapai hasil yang diharapkan Kata kunci: Simulasi sederhana bank mini, motivasi dan prestasi belajar.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

MKFIS

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Media Komunikasi FPIPS publishes and disseminates lecturers’ research results and analyses, teachers, and academic community research from various colleges/universities in Indonesia. The results of research and study contained in the journal accommodate manuscripts on integrated elementary to high ...