Jurnal Ilmiah Informatika Komputer
Vol 24, No 3 (2019)

IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING PADA ANALISIS SENTIMEN KELUHAN PENGGUNA INDOSAT

Saputra, Try Iryanto (Unknown)
Arianty, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2020

Abstract

Penyampaian keluhan konsumen lewat akun media sosial seperti Twitter dimaksudkan agar masalah yang dihadapi konsumen dapat diselesaikan dengan cepat. Pada penelitian ini, akan dilakukan analisis sentimen terhadap konsumen pengguna provider Indosat, menggunakan data tweet sejumlah 300 data acak yang di kumpulkan dari bulan desember 2018 hingga bulan april 2019. Data yang dianalisis adalah kalimat berbahasa Indonesia. Preprocessing pada penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan proses antara lain tokenizing, filtering, stop word, dan stemming. Analisis dilakukan menggunakan metode K-Means Clustering. Penelitian ini berhasil menampilkan kelompok dari anggota masing-masing cluster yang berbentuk wordcloud ke dalam 3 buah wordcloud berbeda, pada wordcloud cluster 0 anggotanya berbicara tentang jaringan Indosat yang parah, pada wordcloud cluster 1 anggotanya berbicara tentang permintaan perbaikan jaringan sinyal Indosat, dan pada wordcloud cluster 2 anggotanya berbicara tentang jaringan sinyal parah Indosat pada daerah Bogor. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk provider dalam melihat keluhan yang masuk dari para konsumen mereka sehingga pihak provider dapat meningkatkan pelayanannya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

infokom

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

This journal is published periodically three times a year, April, August, and December. It publishes a broad range of research articles on Information Technology and Communication, whether in Indonesian Language or ...