JAKU (Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja) (e-journal)
Vol. 3 No. 4 (2018): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Financial Distress (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016)

Hendra Hendra (Alumni Magister Ilmu Akuntansi Pascasarjana Universitas Jambi Tahun 2018)
Afrizal Afrizal (Dosen FEB Universitas Jambi)
Enggar Diah Puspa Arum (Dosen FEB Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap financial distress. Penelitian ini menggunakan 16 perusahaan sebagai sampel yang secara konsisten terdaftar di perusahaan pertambangan di Bursa Efek Indonesia selama 2014-2016. Sampel ditentukan dengan menggunakan sampling purposive. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan SPSS versi 23. Hasil menunjukkan bahwa leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap financial distress secara simultan. Secara parsial, bahwa leverage berpengaruh terhadap financial distress secara negatif. Profitabilitas berpengaruh terhadap financial distress secara negatif. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap financial distress. Kata Kunci: Leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, financial distress.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jaku

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi dan Keuangan Universitas Jambi (JAKU) merupakan jurnal yang mempublikasikan Tulisan Ilmiah dan hasil penelitian di bidang Akuntansi dari hasil-hasil riset/penelitian yang mencakup analisis statistik, studi kasus maupun penelitian lapangan dari berbagai perspektif. Topik Kajian ...