JAKU (Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja) (e-journal)
Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja

Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Media Exposure Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Perusahaan Perkebunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Malaysia dan Singapura Periode

Meri Novita Sari (Program Studi Magister Ilmu Akuntansi Pascasarjana Universitas Jambi)
Mukhzarudfa (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)
Yudi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2019

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang (1) Pengaruh Pengungkapan Corporate social responsibility secara parsial terhadap nilai perusahaan perkebunan, (2) pengaruh profitabilitas secara parsial terhadap nilai perusahaan perkebunan, (3) pengaruh pengungkapan Corporate social responsibility dan profitabilitas dimoderasi oleh pengungkapan media secara simultan terhadapnilai perusahaan perkebunandan (4) perbedaan pengaruh pengungkapan Corporate social responsibility dan profitabilitas yang dimoderasi oleh pengungkapan media pada nilai perusahaan perkebunan yang go public di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Jenis penelitian ini yaitu causal explanatory dengan populasi penelitian sebanyak 37 perusahaan.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 10 perusahaan. Metode analisis data dilakukan menggunakan regresi sederhana dan regresi berganda dengan MRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengungkapan Corporate social responsibility secara parsial berpengaruh terhadap nilaiperusahaan perkebunan, (2) Profitabilitas secara parsial berpengaruh terhadap nilai perusahaan perkebunan, (3) Pengungkapan Corporate social responsibility dan profitabilitas dimoderasi oleh pengungkapan media berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan perkebunan, dan (4) Terdapat perbedaan pengaruh pengungkapan Corporate social responsibility dan profitabilitas yang dimoderasi oleh pengungkapan media pada perusahaan perkebunan yang terdaftar di bursa efek indonesia, malaysia dan singapura. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah perbedaan sudut pandang peneliti dalam membaca laporan pengungkapan pertanggungjawaban karena perusahaan memiliki sudut pandang yang berbeda-beda dalam pelaporan. Kata Kunci : CSR, Profitabilitas, Media Exposure, Nilai perusahaan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jaku

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi dan Keuangan Universitas Jambi (JAKU) merupakan jurnal yang mempublikasikan Tulisan Ilmiah dan hasil penelitian di bidang Akuntansi dari hasil-hasil riset/penelitian yang mencakup analisis statistik, studi kasus maupun penelitian lapangan dari berbagai perspektif. Topik Kajian ...