JAKU (Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja) (e-journal)
Vol. 4 No. 3 (2019): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja

Pengaruh Penerapan SAP, Kompetensi SDM dan SPIP Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Dengan Akuntabilitas Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris di Kota Jambi)

Dwi Febri S (Alumni Magister Ilmu Akuntansi Pascasarjana Universitas Jambi)
Sri Rahayu (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)
Wiralestari (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2019

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan SAP, Kompetensi SDM, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terhadap Kualitas Laporan Keuangan dengan Akuntabilitas sebagai variabel intervening. Unit analisis penelitian ini pada Oganisasi Perangkat Daerah Kota Jambi. Sampel penelitian sebanyak 64 responden OPD di Kota Jambi dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan menggunakan kuesioner yang berisikan 59 item pertanyaan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa analisis jalur (path analysis) dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SAP dan SPIP melalui Akuntabilitas berpengaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan, sedangkan Kompetensi SDM melalui Akuntabilitas tidak berpengaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Kata kunci: Penerapan SAP, Kompetensi SDM, SPIP, Akuntabilitas, Kualitas Laporan Keuangan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jaku

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi dan Keuangan Universitas Jambi (JAKU) merupakan jurnal yang mempublikasikan Tulisan Ilmiah dan hasil penelitian di bidang Akuntansi dari hasil-hasil riset/penelitian yang mencakup analisis statistik, studi kasus maupun penelitian lapangan dari berbagai perspektif. Topik Kajian ...