Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 5 (2016): Mei 2016

MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LOMPAT RINTANGAN

Ngatini, . (Unknown)
Yunitaningrum, Wiwik (Unknown)
Triansyah, Andika (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2016

Abstract

Abstrak: Permasalahan yang selalu dihadapi oleh guru pada saat pembelajaran adalah lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V di sdn 24 sungai raya dan tujuan dari penelitian ini adalah membantu siswa agar meningkat dengan bantuan dengan lompat rintangan agar siswa memiliki tantangan untuk melakukan lompat jauh sehingga meningkat hasilnya ,Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).  Dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru berkolaborasi dengan siswa Sekolah Dasar Negeri 24 sungai raya kabupaten kuburaya  yang berjumlah 34 siswa , Terdiri dari siklus I dan siklus II berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pembelajaran siklus I siswa yang baru lulus berjumlah 30 siswa atau 88 % sedangkan siswa yang belum lulus berjumlah 4 siswa atau 28 % maka dilanjutkan ke siklus II agar siswa  memiliki kesempatan untuk perbaikan lompat jauh gaya jongkok dengan bantuan lompat rintangan berupa kardus, ban, cone dan alat lainya baru siswa bisa  lulus berjumlah 34 siswa dan belum lulus berjumlah 0 siswa.   Kata Kunci: Lompat jauh gaya jongkok , lompat rintangan Abstract: The problem often faced by teachers during the learning is long jump style squat in class V in sdn 24 river highway and the purpose of this study is to help students to increase assistance to jump the obstacles that students have a challenge to do the long jump so improved the results, forms of research is classroom action research (PTK). In a classroom action research (PTK) This is the subject of this study were teachers collaborate with students of State Elementary School 24 districts Kuburaya river highway totaling 34 students, consists of the first cycle and the second cycle of planning, implementation, observation and reflection. Learning first cycle of students who have recently graduated numbered 30 students or 88%, while students who do not pass are 4 students, or 28%, then proceed to the second cycle so that students have the opportunity to repair long jump style squat with the help of jumping obstacles in the form of cardboard, tires, cones and new other tool students can graduate students numbered 34 and amounted to 0 students have not graduated Keywords: Long jump style squat , jump hurdles

Copyrights © 2016